Jumat, 16/02/2024 | Crude Oil Market Update

Minyak Mentah Reli karena Kelemahan Dolar dan Risiko Geopolitik

Minyak mentah WTI bulan Maret (CLH24) pada hari Kamis ditutup naik +1.39 (+1.81%), dan bensin RBOB bulan Maret (RBH24) ditutup naik +0.14 (+0.06%).

Harga minyak mentah dan bensin pada hari Kamis berakhir sedikit lebih tinggi. Pelemahan dolar pada hari Kamis mendukung harga energi. Selain itu, kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat meningkat dan mengganggu pasokan minyak mentah dari Timur Tengah menjadi faktor bullish bagi harga minyak setelah Israel mengatakan pihaknya membunuh seorang komandan Hizbullah dalam serangan udara di Lebanon, dan Lebanon memperingatkan akan adanya konflik yang lebih luas. Selain itu, Israel mengatakan pihaknya mengakhiri perundingan gencatan senjata dengan Hamas, dengan alasan tuntutan Hamas yang “delusi”.

Faktor negatif terhadap harga minyak mentah adalah laporan dari Badan Energi Internasional (IEA) pada hari Kamis yang mengatakan bahwa pasar minyak mentah bisa mengalami surplus sepanjang tahun 2024. IEA memperkirakan permintaan minyak global pada tahun 2024 akan meningkat sebesar +1,2 juta barel per hari, hanya setengah dari permintaan tahun lalu. kecepatan. Selain itu, IEA juga mengatakan pemotongan produksi minyak mentah oleh OPEC+ lebih kecil dari yang diumumkan, dengan produksi minyak mentah kelompok tersebut turun hanya -330.000 barel per hari pada bulan Januari, jauh lebih kecil dibandingkan pemotongan yang diumumkan sebesar -900.000 barel per hari.

Penurunan ekspor minyak mentah Rusia mendukung harga minyak mentah. Data pelacakan kapal tanker dari Vortexa, yang dipantau oleh Bloomberg, menunjukkan ekspor minyak mentah Rusia pada pekan hingga 11 Februari turun sekitar -290.000 barel per hari dari minggu sebelumnya menjadi 3,49 juta barel per hari.

Konsumsi produk minyak yang kuat di India, konsumen minyak mentah terbesar ketiga di dunia, menjadi bullish bagi harga minyak setelah konsumsi produk minyak India di bulan Januari naik +8,3% y/y menjadi 20 MMT, terbesar dalam 9 bulan.

Berikut beberapa data ekonomi Amerika untuk hari ini :

Promosi Bulan Ini