Jumat, 16/02/2024 | Ulasan Pasar Saham AS Terkini

US Stock Market Update

Perusahaan ride-share yang sudah lama merugi, Uber Technologies dan Lyft telah mengejutkan para penentang dengan melakukan apa yang dianggap mustahil oleh banyak orang: berlomba menuju keuntungan tetap.

Tahun 2023 menandai tahun pertama Uber meraih keuntungan sebagai perusahaan publik. Uber menambahkan lebih banyak bahan bakar ke dalam tangkinya pada hari Rabu setelah mereka menguraikan tujuan keuangan jangka panjang yang lebih baik pada hari investornya. Sahamnya melonjak 15%.

Pada hari Selasa, saingannya yang lebih kecil, Lyft, memproyeksikan arus kasnya akan positif untuk pertama kalinya tahun ini. Artinya, mereka akan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dibelanjakan tahun ini. Meskipun hal ini bukan merupakan keuntungan, investor melihatnya sebagai sinyal penting karena Uber beralih menuju profitabilitas setahun setelah mencapai titik balik tersebut.

Saham Lyft melonjak 35% pada hari Rabu dan 16% pada hari Kamis. Saham menguat karena prospek cerah meskipun ada kebingungan awal akibat kesalahan ketik pendapatan yang memalukan yang menambah angka nol pada angka penting.

Selama lebih dari satu dekade, Uber dan Lyft menghabiskan miliaran dolar dalam upaya merebut pangsa pasar. Kini, fokus mereka adalah pada pertumbuhan yang menguntungkan dan disiplin biaya.

Berbagi tumpangan telah menjadi sebuah utilitas, katanya, dan pelanggan tetap membayarnya meskipun hal ini bukan lagi merupakan penawaran yang murah. “Sekarang pertanyaannya adalah, pada saat jatuh tempo, jenis margin apa yang dapat didukung oleh bisnis ini?” dia berkata.

Pengumuman minggu ini memberikan keyakinan kepada investor bahwa industri ini dapat mempertahankan momentum. Namun untuk sampai ke sini merupakan perjalanan yang bergelombang. Kedua perusahaan tersebut telah melakukan pemotongan yang menyakitkan dalam beberapa tahun terakhir dan mengabaikan biaya perjalanan ke bulan yang mahal.

Uber memangkas ribuan lapangan pekerjaan selama pandemi ini dan menunda rencana ambisius untuk mengembangkan teknologi self-driving. Pengetatan ini berlanjut hingga tahun lalu, dengan pengurangan yang lebih kecil pada bisnis pengangkutan dan pengiriman.

Lyft menunjuk Risher tahun lalu dan memangkas ratusan pekerjaan. Mereka berencana untuk membongkar divisi sepedanya, yang populer di kalangan pelanggan namun tidak menghasilkan cukup uang.

Kedua perusahaan mengatakan mereka tidak akan menghabiskan uang tunai seperti dulu. Investor berharap hal ini berarti diakhirinya atau dikuranginya diskon besar-besaran dan perang harga yang menyebabkan kerugian besar.

Pasar telah memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan karena mengurangi pengeluaran dan menjadi lebih fokus. Saham Uber meningkat lebih dari dua kali lipat dalam 12 bulan terakhir, dan saham Lyft melonjak 65%. Indeks Komposit Nasdaq yang padat teknologi naik 32% dibandingkan periode yang sama.

Uber menguasai sebagian besar pasar ride-sharing di AS, sehingga menempatkan Lyft pada posisi yang tidak menguntungkan dalam persaingan. MoffettNathanson meningkatkan Lyft menjadi netral dari penjualan karena prospeknya yang membaik namun memperingatkan klien bahwa perusahaan tersebut masih merugi dan “di bawah belas kasihan Uber.”

 

Berikut beberapa data ekonomi Amerika untuk hari ini:

Promosi Bulan Ini