Kamis, 15/02/2024 | Forex Market Update

Dolar Flat karena para pedagang mencerna komentar Fed

Dolar AS bertahan di bawah level tertinggi tiga bulan pada hari Kamis, karena para pelaku pasar mencoba mengukur kapan Federal Reserve kemungkinan akan mulai memotong suku bunganya karena pejabat Fed mempertimbangkan data inflasi pada hari Selasa.

Meskipun berada di bawah tekanan baru pada minggu ini, yen tetap bertahan dari level terendah dalam tiga bulan terhadap dolar pada hari Selasa meskipun data menunjukkan perekonomian Jepang tergelincir ke dalam resesi karena secara tak terduga menyusut selama dua kuartal berturut-turut karena lemahnya permintaan domestik.

Data inflasi AS mendorong kembali spekulasi penurunan suku bunga Fed yang pertama pada pertengahan tahun, setelah menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) AS naik 3,1% pada bulan Januari secara tahunan, dibandingkan dengan perkiraan 2,9%. bangkit.

Pasar saat ini memperkirakan tidak adanya penurunan suku bunga pada bulan Maret dibandingkan dengan perkiraan 77% terhadap penurunan suku bunga yang dimulai pada bulan lalu, menurut alat FedWatch CME. Pasar melihat peluang 60% bahwa The Fed juga akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan Mei.

Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan pada hari Rabu bahwa jalur Fed menuju pemotongan akan tetap berada pada jalurnya bahkan jika kenaikan harga sedikit lebih tinggi dari perkiraan dalam beberapa bulan ke depan, dan bank sentral harus berhati-hati dalam menunggu terlalu lama sebelum melakukan pemotongan. suku bunga.

Wakil Ketua Fed untuk Pengawasan Michael Barr mengatakan The Fed tetap percaya diri, namun angka CPI bulan Januari menunjukkan bahwa jalan Amerika Serikat untuk kembali ke inflasi 2% “mungkin akan sulit.”

Indeks dolar DXY, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang sejenis, dikonsolidasikan di bawah level tertinggi baru dalam tiga bulan di 104,97 yang dicapai pada hari Rabu, menjelang penjualan ritel AS pada bulan Januari yang akan dirilis pada hari Kamis. Pasangan ini terakhir berada di 104,65.

GBPUSD, sementara itu, terakhir diperdagangkan pada $1,2565 menjelang data awal PDB pada hari Kamis. Pound melemah semalam setelah data menunjukkan inflasi Inggris tidak meningkat pada bulan Januari seperti yang diharapkan, berpotensi meningkatkan tekanan pada Bank of England untuk mempertahankan suku bunga stabil lebih lama. EURUSD sebagian besar tidak berubah pada $1,073.

Berikut beberapa data ekonomi Amerika untuk hari ini:

Promosi Bulan Ini